12 Juni 2010

Ayooo Operasi Plastik

Udah lazim kalo manusia pinginnya tampil cantik atau tampan rupawan. Padahal karunia Tuhan udah benar-benar luar biasa kan dengan anggota tubuh lengkap dan sehat ini? Salah satu cara buat “menyempurnakan” penampilan itu lewat jalur kedokteran yang acap kali disebut operasi plastik.
Nah..Nah..yang ini mah beda ma operasi plastik di atas, apalagi sama operasi Pekat (iyalah!!). Akan tetapi, intinya tetep sama aja sih, menyempurnakan. Objeknya beda tapi, di sini yang mau kita sempurnakan adalah Bumi.
Tanggal 5 Juni kemarin adalah hari Lingkungan Hidup. Satu hari dimana manusia diseru dan diingatkan buat peduli sama bumi, lewat perbuatan sekecil apapun, pasti itu berarti besar. Banyak yang menyarankan untuk melanjutkan gerakan menanam pohon. Hal ini bagus banget mengingat hutan kita yang banyak yang dipangkas gundul dan ditinggalkan begitu aja. Tapi gimana dong dengan temen-temen yang habitatnya di kota-kota metropolitan yang ruang tanamnya udah terbatas banget?? Solusinya sih nanem di pot. Hanya sayangnya, pohon (baca: biji) yang sempet saya tanem beberapa bulan lampau ga bertunas satupun. Karena didorong rasa penasaran yang memuncak, tanahnya pun saya bongkar. Wow, takjub juga si biji rambutan masih utuh tanpa ada perkembangan. Mungkin emang dia kekurangan gizi ya, ya udah saya balikin. Saya anggep aja lagi mengubur janin yang belum sempat menikmati indahnya dunia..
Ternyata menanam pohon nggak segampang membalik telapak kaki. Terus kita bisa ngapain dong?
Kurangi emisi gas kendaraan bermotor. Kayaknya ini bakal sulit dilaksanakan mengingat Indonesia jadi salah satu negara dengan kendaraan bermotor (terutama sepeda bermotor) terbesar di dunia dengan pertumbuhan pembelian sepeda motor yang mengagumkan. Beli sepeda motor sekarang nggak sesusah dulu. Bisa dikredit, bunganya pun masih bisa dibayar. Gak bisa dipungkiri roda ekonomi juga bergerak akibat bergeraknya roda kendaraan bermotor.
Back to the topic..
Saya jadi inget dulu pas masih kecil. Kalau disuruh ibu buat beli sayuran dkk. di warung, disuruh bawa juga plastik kresek dari rumah. Pernah juga protes ma ibu, “kenapa sih musti bawa plastik sendiri?kan udah disediain gratis ma penjualnya.”
Ibu nggak pernah jawab sih, mungkin beliau berasumsi otak saya masih terlalu imut buat mencerna filosofi tindakan menenteng plastik ke warung.Hahaha…
Ternyta plastik tu susah banget diurai bumi. Cacing aja muntah makan plastik, mikroba pada kelonjotan mengurai plastik. Dahsyat banget…
Seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu terkikis. Saya yang udah mulai teracuni gaya hidup kos, nggak pernah lagi bawa-bawa plastik ke warung. Pernaah sih sekali dulu, tapi si ibu penjual agak heran sama mahasiswa ini. Jangan-jangan mau mulung ni anak??XD
Malu deh jadinya. Akhirnya ga pernah lagi bawa plastik. Cuma, setelah akhir-akhir ini bu Cil (warung di deket kos) kembali mengudara, saya mencoba beli makanan pake piring. Yah, jadi bawa-bawa piring gitu ke kos. Kalo udah selesai, saya cuci, terus dibalikin ke bu Cil. Kadang-kadang takut juga sih, gimana ya kalo nasi diatas piring di tangan saya dapet bonus sambel dari langit? Tiba-tiba nemplok dengan anggunnya di atas nasi dan lauk..Tidaaaakkkk,..
Jadinya kepikiran lagi buat bawa plastik ke bu Cil. Itung-itung mengurangi beban produksinya bu Cil kan, jadinya profit margin makin gede, walhasil bu Cil bisa eksis dengan masakan joss-nya. Tapi, masih malu bawa plastik!! Ayo temen-temen, temenin saya nenteng plastik ke warung. Kurangi penggunaan plastik, lestarikan bumi kita, lestarikan kuliner Indonesia!!
Mulailah dengan hal yang kecil dan akhirilah dengan hal yang besar!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar