15 Juni 2010

A Night In The Train

Hari Minggu kemarin, setelah semua urusan yang melelahkan, agenda pulkam siap dijalankan,hehe…Saya bersama temen satu spesies saya, Kaneko, pengen nyoba jalur baru, yaitu pake kereta Ekonomi versi Bengawan dengan take-off di Stasiun Tanah Abang.
Kami, 2 pemuda keren asal kampung, memilih berangkat melalui stasiun legendaris Pondok Ranji. Pertama, kami naik angkot full music D09 di di depan gerbang STAN bagian Bintaro. Gak perlu nunggu lama, bang sopir udah menunggu dengan setia. Naik, tancap gas dah. Dari perempatan selanjutnya, Cuma tinggal jalan kaki kira-kira 500 meter ke stasiun Pondok Ranji. Dengan berbekal dua buah tiket KRL ekonomi AC trayek Serpong-Tanah Abang, kami meluncur ke Stasiun Tanah Abang.Oh iya, kalo beli tiketnya sekitar jam setengah enam-an sore, tiket duduknya masih tersedia. So, tenang aja.
Kereta Bengawan sendiri naik jangkar pukul 19.30 dari jalur parkir 3. Kami kebagian tempat di Gerbong 8, seat 19a dan 19b. Perjalanan yang menyenangkan (semoga). Di hadapan saya ada satu keluarga, suami, istri, batita, sama neneknya. Sebenarnya, jujur nih, awalnya saya mengiramas itu bukan suaminya, dan si anak itu keponakan mas itu,haha..Beneran lho , mukanya ga (belum) pantes banget jadi seorang bapak. Lebih pantes jadi om-nya. Justru yang jadi bapaknya mas di sebelah Kaneko.
Alkisah, si batita ternyata suka bangeeet buang barang-barang lewat jendela kereta gitu. Sampah-sampah dibuangin, untung bukan bapaknya yang dibuang. Eh, lama-lama sampahnya abis deh. Bukannya diem, si batita bertingkah. Si bapak (gag banget) bukannya meng-“hibur” buah hatinya malah bikin sampah lagi buat si batita. Kertas-kertas disobekin, dikasih si anak buat dibuang di jendela. Ga sekalian uang aja pak yang dibuangin?? Ah bisa-bisa jadi hobi tu batita buang sampah sembarangan.
Namanya juga batita ya, ga lengkap kalo ga “bernyanyi”.Dan buset dah, kicauannya nyaring banget bang,haha..Serta merta, si ibu siap memulai prosesi menyusui-nya. Eitts, tenang sodara-sodara. Si ibu berbalik kok, jadi kita-kita ga bisa menyaksikannya,hahaha..dan si bapak itu mengipas-ngipas mereka. So sweet banget. Bisa dicontoh nih kalo udah punya istri,hehe

Oh iya, info aja,bagusnya naik ekonomi tu duduk searah dengan jalan kereta. Kenapa?karena angin yang Anda dapet menjadi maksimal sehingga tingkat kegerahan dapat minimal. Sialnya saya ga dapet tempat kayak gitu. Jadi ya lumayan gerah di dalem kereta.
Cerita berlanjut,
Kereta itu kayak televisi. Mau live music, ada. Pengamennya sebelas dua belas sama band di tipi tapi pake lipsync,hehe.Ada juga iklannya.
“Mijon..Mijon..Akua..Akua..”. Semua campur jadi satu. Iya kereta jadi tempat mencari nafkah. Banyak banget orang menggantungkan perutnya di gerbong-gerbong itu. Dari orang tua sampai anak seusia SD nyari makan di situ. Iya lho, ada anak bertampang SD tapi udah menenteng keranjang penuh minuman jualan. Agak keberatan kayaknya. Hehe, maap ya dik saya ga ikut meringankan bebanmu, soalnya dah bawa minum.
Ada satu anak memegang sapu dan dia emang nyapu lantai kereta. Tapi itu lho, sebenarnya ga ada sampah di lantai, tapi dia nyapu. Eh eh dia tiba-tiba menyodorkan tangan meminta uang. Beneran lho, meminta. Nadanya memaksa. Jadinya semua malah pada males dengan sikapnya yang ga simpatik itu.
“Giliran orang ngamen aja lu kasih. Gue nih dah nyapu, kagak lu kasih. Gue manusia butuh makan!!”
Kayak gitulah ucapan dia sama kita-kita. Ya gimana lagi uang lima ratusan saya udah habis. Kalo seribuan ntar bisa habis lama-lama. Masih banyak lho ntar yang maksa-maksa kayak gini. Bahkan yang mukanya lebih kriminal dari anak ini.
Kereta terus berjalan. Dari satu stasiun ke stasiun lain lokomotif menghela gerbong berisi para manusia. Kadang melambat kadang makin cepat. Mungkin hidup kaya gitu ya,jangan cepat terus, harus inget rem. Apalagi jangan melambat terus, inget pedal gas harus pula digenjot.
Hidup juga boleh belak belok kayak kereta, asalkan masih berada di rel yang tepat. Dan hidup harus punya stasiun tujuan yang harus dituju, sebelum bahan bakar kehidupan habis di tengah jalan.
Yah, akhirnya saya sampai di stasiun Wates jam 05.00. Shalat subuh lalu menunggu jemputan datang..
Seperti kehidupan ya, menunggu jemputan terakhir datang. Dan semoga itu setelah sampai di stasiu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar