8 Mei 2017

Menuju Kotabumi

Setelah sekian lama blog ini tertidur, saya ingin membangkitkan blog amburadul ini dari tempat peristirahatannya. Saya mau cerita tentang bagaimana caranya untuk sampai di Kotabumi. Asing ya nama kotanya. Nah maka dari itu saya mau nulis tentang itu. Siapa tahu ada pegawai yang penempatan/mutasi ke Kotabumi dan tanpa sengaja googling gimana caranya untuk sampai di Kotabumi. Titik awal keberangkatan adalah Jakarta ya. Perjalanan dari Jakarta bisa menggunakan berbagai moda angkutan, tapi kali ini saya cuma mau cerita perjalanan dengan bis Damri dan pesawat aja.

Cara paling gampang ke Kotabumi adalah dengan naik bis Damri dari stasiun Gambir. Loketnya ada di sebelah barat stasiun Gambir berdekatan dengan taksi. Khusus untuk tujuan Kotabumi, Damri hanya menyediakan 2 kelas, yaitu kelas Bisnis dan kelas Royal Class. Tiket Damri kelas Bisnis dibanderol Rp 185.000 dan kelas Royal Class Rp 270.000. Kelas Bisnis berangkat dari Gambir pukul 20.00 sedangkan kelas Royal Class satu jam sebelumnya(semoga nggak ada perubahan jadwal). O iya, untuk loketnya buka mulai jam 08.00. Jadi jangan kepagian ya ngantri di loketnya.

Butuh waktu sekitar 10-12 jam untuk sampai Kotabumi. Tapi kamu ga akan berada di bis terus karena ketika naik kapal untuk menyeberangi Laut Sunda, penumpang diwajibkan turun dari kendaraan dan menuju ruang penumpang. Tipsnya sih cari ruangan yang bisa lesehan supaya bisa tiduran santai. Tetap hati-hati dan waspada terhadap kondisi sekitar. Bila perjalanan lancar, ombak nggak tinggi, dan  jalan nggak macet, sampai Kotabumi ya jam 5 pagi lah kalau naik bis Damri Bisnis. Kalau naik bis Damri Royal Class lebih awal lagi.

Jalur kedua adalah dengan moda angkutan udara alias pesawat. Trafik penerbangan dari Jakarta ke Lampung cukup padat. Dalam sehari ada beberapa penerbangan baik dari bandara Soekarno-Hatta maupun bandara Halim Perdana Kusumah. Untuk maskapainya tinggal pilih aja, ada Lion Air, Batik Air, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia buat yang dompetnya tebelan. Untuk maskapai-maskapai tersebut (kecuali Garuda Indonesia) harga tiket berkisar antara 200an sampai 300an ribu perak. Malah pernah harga tiket seratusan ribu perak kalo lagi promo. Sok mangga dipilih.

Perjalanan lewat udara memakan waktu yang singkat, hanya 30 menit sampai mendarat di bandara Radin Inten II. Nah dari bandara ini kamu harus meneruskan lewat darat, bisa dengan taksi bandara, naik bis, atau naik travel. Tarif taksi dari bandara ke Kotabumi Rp300.000 kalo nggak salah. Kalo kamu memilih naik bus umum, kamu harus keluar bandara dan menyeberang jalan. Saya saranin sih naik bis AC aja karena Lampung hawanya panas jadi lebih nyaman kalo pakai bis AC. Sebelum jam 06 sore bis AC masih banyak, ya per setengah jamlah kira-kira. Harga tiketnya 23 ribu perak, tapi kalau ngasih uang 25 ribu sering nggak dikasih kembalian. Nah cara terakhir sih dengan naik travel. Travel di Lampung kebanyakan adalah mobil plat hitam. Tarif untuk sampai Kotabumi ya bisa 40 ribu perak, tapi harus ditawar ya. Perjalanan darat ini menempuh waktu sekitar 2 jam saja. Tidak terlalu jauh dari bandara kan.

Yup, semoga berguna ya buat yang mau menuju Kotabumi. Sekarang Kotabumi lebih aman kok,hehe. 
Foto-fotonya menyusul ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar