28 Juni 2013

Penempatan!!

dari sini
Ibarat telur, maka telur itu siap menetas setelah dierami selama 21 hari. Layaknya padi, setelah benih ditebar, tanaman padi tumbuh dan dirawat pemiliknya, bulir-bulir emasnya sudah waktunya dipanen petani.
Saat ini adalah waktunya.

Pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2013, kami semua dikumpulkan di aula eks MA, salah satu tempat pertama kami mendapat penyambutan dahulu. Memang kami tidak diberi tahu apa maksud kami dikumpulkan, namun kami semua menduga acara sebenarnya adalah pengumuman penempatan.

Masih banyak yang tertawa-tawa. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri banyak wajah-wajah yang memancarkan ketegangan, kepasrahan, bahkan penasaran. Seperti acara-acara seremonial lainnya, selalu ada sambutan dari pejabat. Dan di situlah kami mendapat wejangan-wejangan dari beliau.

Lihatlah sisi positifnya. Dimanapun Anda ditempatkan.

Di Aceh sana, di timur jauh Papua, di Saumlaki, atau di Tahuna.

Satu per satu nama kami dipanggil dan mengambil amplop di depan. Banyak yang sudah yang tidak sabar lagi dan segera membuka amplop tersebut. Maka bermunculan ekspresi yang berbeda-beda dari wajah mereka. Senyuman, tertawa, tertegun, melamun, bahkan menangis. Banyak yang ditempatkan sesuai preferensi yang diisinya dahulu. Ada yang hanya bergeser sedikit dari preferensinya. Ada yang ditempatkan bukan di preferensinya. Ada yang ditempatkan di kantor pusat, ada pula yang pulang ke kampung halamannya.

Berdasarkan pernyataan pak pejabat, banyak pertimbangan yang digunakan untuk memutuskan di mana kami ditempatkan. Prestasi selama kuliah, prestasi selama magang, sikap  dan perilaku, dan kebutuhan organisasi. Karena faktor-faktor di atas inilah mungkin tidak semua sesuai dengan keinginan setiap pribadi.
dari sini

Mungkin masa magang adalah masa di mana kami dierami. Mungkin kini saatnya kami siap dipanen. Dan mungkin masa penempatan ini adalah periode kedua kami dierami. Tahap selanjutnya sebelum menjadi nasi.

Lebih enak rasanya mengucapkan “Selamat Datang!” daripada “Selamat Tinggal” bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar