4 Mei 2013

A Day to Remember !!! Grrrr..

Berapa kali mencaci maki hari ini, hasilnya sama saja..SIAL!!!

Kayak gitu status facebook yang saya update mendekati jam satu malam, akibat kekesalan yang sudah meledak-ledak akibat kejadian-kejadian seharian ini.

Semuanya bermula ketika saya hendak membeli tiket kereta api GBM tanggal 16 Juni 2013 rute Jogja-Jakarta. Sampai di stasiun Pasar Senen, saya mengurungkan niat itu karena gamang melihat antrian di loket yang mengular. Pesan online aja deh, pikir saya. Tak dinyana saya bertemu dengan ibu Erni, salah satu pegawai di tempat kerja saya. Ibu itu juga akhirnya nggak jadi antri, kemudian saya menawari untuk saya pesankan online juga karena beliau berkata kalau beliau gaptek, jadi ga ngerti cara pesan online.

Akhirnya saya pun memesan tiket secara online, di situs kepercayaan saya selama ini, www.tiket.com. Saya memesan 1 tiket kereta api GBM jurusan Jogja-Jakarta tanggal 16 Juni 2013 dengan harga bayar Rp 118.541. Saya juga memesan tiket untuk bu Erni, GBM pulang pergi tujuan Jakarta-Mojokerto tanggal 3 dan 8 Juni 2013 dengan total harga bayar Rp 236.494,00. Kemudian saya pun bergegas membayar via ATM dengan sisa waktu pembayaran sekitar 50-an menit. OK beres, jam sudah menunjukkan pukul 12:04 WIB saya pun harus segera ke masjid untuk salat Jumat.

Saya melakukan konfirmasi pembayaran sekitar pukul 14.30 dengan meng-klik link yang dikirimkan pihak tiket.com ke email saya. Tak disangka setelah mengisi data-data termasuk besarnya pembayaran, konfirmasi pembayaran gagal dilakukan karena sudah kadaluwarsa. Padahal saya belum melanggar batas waktu konfirmasi yaitu 3 jam. Bagaimana bisa?

Saya berusaha men-chat pihak www.tiket.com namun tidak diberikan solusi apa-apa. Email komplain yang saya kirimkan pun tidak mendapatkan balasan. Nomor telp sudah saya hubungi namun tidak bisa dihubungi. Keluhan yang saya layangkan via twitter juga tidak ditanggapi, bahkan si admin hanya men-tweet promosi, tanpa mempedulikan tweet dari saya. Pelayanan prima!

Kejadian kedua murni kesalahan saya. Sudah beberapa hari ini saya menunggu nunggu tanggal 3 Mei 2013. Kenapa? Karena hari ini adalah saat dibukanya pre-order Nokia Lumia 520 yang belum ada di Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, ada diskon sampai Rp 400.000,00. Saya lalai dan baru berinternetan ria sekitar pukul 10,00 pagi tadi. Apa yang terjadi saudara-saudara? Seluruh Nokia Lumia 520 semua warna sudah SOLD OUT. Sampai sore saya tunggu pun, siapa tau ada re-stock, ternyata sia-sia. Percuma. Grrr..sumpah ya, nyesel banget saya.

Kejadian keempat masih berhubungan dengan tiket. Karena kecewa dengan www.tiket.com, saya pun berpaling ke www.tiketkai.com. Sayangnya sebelum memesan tiket, saya harus mendaftar dulu. Saya pun mendaftar dengan mencantumkan salah satu alamat email yang biasa saya gunakan. Setelah menunggu beberapa lama, ternyata tidak ada email konfirmasi dari www.tiketkai.com. Walhasil saya pun ndak bisa aktivasi akun saya dan nggak bisa login, alias nggak bisa pesan. Pas malem pun saya cek inbox email saya, nothing! Saya mencoba bersabar dan mendaftar lagi dengan alamat email saya yang lain. Kejadian saya terulang, tidak ada email konfirmasi. Dan, Anda tahu Saudara-Saudara, satu alamat email hanya bisa digunakan untuk satu kali daftar. Saya ndak bisa daftar lagi karena dua email saya udah saya pakai yang mana tidak ada emaik konfirmasi apapun dari www.tiketkai.com. Ueedaaan, nasib..nasiiiib..

Nah kejadian keempat juga nggak jauh-jauh dari yang namanya pesan tiket. Tanggal 04 Mei 2013 pukul 00.00 WIB adalah waktu dibukanya pembelian tiket kereta lebaran untuk tanggal 02 Agustus 2013. Karena kepercayaan saya kepada situs pemesanan tiket sudah luntur, saya kembali ke cara lama, telepon. Pukul 23:59 saya sudah menelpon ke KAI yaitu 021-121, saya berhasil masuk dengan mulus setelah menunggu 2 menitan. OK, saya akhirnya pesan tiket dengan lancar. Kode bayar pun udah saya catat dan saya ulang untuk konfirmasi kepada admin KAI apakah sudah benar. Yup, benar. Tiga belas digit tersebut sudah benar.
Meluncurlah saya ke ATM di tengah malam buta. Transaksi pembayaran saya lakukan melalui rekening Mandiri. Ada yang aneh. Kolom nomor kode bayar di ATM Mandiri berjumlah 15 digit, sedangkan kode dari 13 digit. Walhasil, kata ATM kode saya salah. Nggak percaya, saya ulang 3 kali. Gagal lagi. Kemudian saya beralih ke ATM BRI di sampingnya. Hah, untunglah kolomnya sama TIGA BELAS DIGIT! Namun rasanya pengen saya banting ATM itu (kalo kuat sih), pas dia bilang kalo KODE YANG SAYA MASUKKAN SALAH. SALAH…SALAH…SALAH. TIGA KALI SALAH (LAGI)!
Gagal maning gagal maning son!

Saya pun berusaha menelpon 021-121 lagi, namun gagal terus sampai pulsa saya terkuras. Hampir 20 ribu pulsa saya habis hanya buat mendengar jingle sakti untuk menunggu si admin! Putus asa, saya bertanya ke mas-mas Indomaret apakah udah bisa pesan tiket. Belum bisa mas. Ueeeedaaaaan!!

Saya pun kembali ke kosan sambil memaki-maki sepanjang jalan. Pengen makan orang rasanya. Grrrrrrr….

Kekesalan saya bertambah ketika sampai di kos, saya berniat mendaftar paket internet malam. Dengan penuh emosi saya pun mendaftar karena paket internet malam saya sudah berakhir jam 23:59 tadi. Alangkah indahnya ketika saya klik “Send”, Telkomsel membalas “Saat ini Anda telah  terdaftar sebagai pelanggan Midnight Flash Unlimited. Utk info ketik FUN info ke 3636 atau hub *363# .TerimaKasih

Bukannya paket saya sudah berakhir seperti yang diinfokan sebelumnya?
Sambil marah-marah nggak jelas saya pun mengetik “FUN OFF”. Seperti ini balasan dari Telkomsel : Maaf saat ini sistem kami sedang sibuk. Coba ulangi beberapa saat lagi

Uwooooo!!! Minta dilempar meja nih!!
Dengan kesabaran tingkat dewa saya mengulang kali langkah di atas, sampai berhasil. Dan akhirnya saya menuangkan kekesalan saya di tulisan ini.

Tanggal 03 Mei 2013 memang BERKESAN!

*Update : 
1. Pada pukul 01.30 WIB saya kembali menelpon 021-121 untuk konfirmasi kode bayar. Alhamdulillah, cepet nyambung dan memang kode yang diberikan tadi salah di digit terakhir, baik kode bayar maupun kode pesan. Meluncur lagi ke ATM, dan sip..berhasiiiil!! Alhamdulillah

2. Pada hari Senin, 06 Mei 2013, pihak www.tiket.com akhirnya menelpon saya. Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memilih membatalkan kedua pesanan saya dan meminta refund saja. Pihak www.tiket.com menyanggupi refund dalam waktu 14 hari dengan syarat potongan sebesar Rp 5.000,00/tiket. Alhamdulillah, kesepakatan yang melegakan berbagai pihak. Terima kasih




1 komentar:

  1. emang benar....saya pesan tiket via tiket.com .....ternyata uang sudah transfer, tiket ga dikirim....dengan berbagai alasan......

    BalasHapus